Senin, 25 April 2011

RAHASIA - RAHASIA WUDU

Rahasia membasuh muka dalam wudu ialah, "Ya Allah! Kubersihkan semua dosa yang telah kuperbuat dengan wajah ini, supaya aku dapat menyembah-Mu dengan wajah yang suci dan bersujud di atas tanah dengan dahi yang suci. "Hal ini mengisyaratkan pada memalingkan wajah dari selain Allah Swt.

Rahasia membasuh kedua tangan dalam wudu ialah, "Ya Allah! Kucuci kedua tanganku dari dosa dan kubersihkan dosa-dosa yang telah kuperbuat dengan tanganku. "Maknanya adalah mencuci tangan dari dunia dan berpaling pada akhirat.

Rahasia mengusap kepala dalam wudu ialah, "Ya Allah! Kubersihkan kepalaku dari semua khayalan batil, angan-angan labil dan pikiran maksiat yang telah kulakukan; Kubuang jauh-jauh khayalan-khayalan batil itu dari kepala dan kuletakkan tujuanku dalam niat-niat menuju kepada-Mu."

Rahasia mengusap kedua kaki ialah, "Ya Allah! Kutarik kedua kaki dari tempat buruk melangkah, kubersihkan dari semua dosa yang telah kuperbuat dengan kaki ini, kuubah arah dalam hidupku dan kulangkahkan menuju kepada-Mu."

Jika hamba hendak menyebut nama suci al-Haqq, hendaklah ia membersihkan mulutnya. Tak pantas manusia menyebut nama Allah dengan mulut yang tidak dibersihkan. Maka haruslah ia berkumur dan membersihkannya dengan air. Inilah sekelumit dari rahasia-rahasia berwudu.[1]

Sejumlah ulama mengatakan, "Sebelum wudu hendaknya menyucikan empat sesuatu dengan empat perkara: pertama, wajah dengan air mata; kedua, mulut dengan air dzikrullah; ketiga, hati dengan air takut kepada Allah; keempat, dosa-dosa dengan air tobat dan penyesalan."[2]

Sumber: 
Wahidi,Muhammad.2007.Metafisika Shalat.Jakarta:Al-Huda
[1] Asrar-e Ibadat karya Ayatullah Jawadi Amuli
[2] Hizar wa Yek Nukteh darbare-e Namaz, hal.39, menukil dari Manahij asy-Syari'in, hal.167









Tidak ada komentar:

Posting Komentar